Penerapan Inovasi Teknologi dalam Pelayanan dan Pengelolaan Data pada Masa Pandemi COVID-19 oleh DISDUKCAPIL

  • Cerlyana Pramitha Wibowo Universitas Sebelas Maret
  • Citra Putri Maharani Universitas Sebelas Maret
  • Erlina Saputri Basuki Universitas Sebelas Maret
  • Ilman Arifin Universitas Sebelas Maret
  • Saffanah Sakinah Universitas Sebelas Maret

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan inovasi teknologi dalam pelayanan dan pengelolaan data pada masa pandemi COVID-19 oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL). Pelaksanaan penerapan inovasi teknologi dalam pelayanan dan pengelolaan data menggunakan metode penelitian kualitatif. Alasan menggunakan metode penelitian kualitatif adalah agar peneliti dapat melihat lebih detail dan mendalam proses adopsi inovasi yang dilakukan oleh DISDUKCAPIL melalui pengumpulan fakta menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelaksanaan inovasi teknologi dalam pelayanan dan pengelolaan data pada masa pandemi COVID-19 oleh DISDUKCAPIL bisa dilakukan dengan beberapa inovasi seperti Sipaduka, Sipeduli, dan Siplayboys. Adanya inovasi teknologi pelayanan tersebut dapat mengatasi permasalahan sebelum inovasi ini diciptakan.

Published
2022-08-31

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.